Jumat, 31 Agustus 2012

Group Resume (SAL Bagian 5)

Kali ini, metode yang kami sajikan ditujukan untuk membantu sisa menjadi lebih akrab juga untuk melakukan Team Building yang anggotanya sudah saling mengenal sebelumnya. Metode ini dapat diaplikasikan hampir pada semua bidang studi, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Kelompok siswa menjadi beberapa kelompok kecil terdiri dari 3-6 anggota
  2. Berikan penjelasan pada siswa behwa kelas mereka telah dipenuhi dengan individu-individu yang berbakat dan berpengalaman.
  3. Saranan bahwa salah satu cara untuk dapat mengidentifikasi dan menunjukkan kelebihan yang dimiliki kelas adalah dengan membuat resume kelompok.
  4. bagikan pada setiap kelompok kertas Plano (kertas buram ukuran koran) dan spidol untuk menuliskan resume mereka. Resume harus mencakup semua informasi yang dapat menjual "kelompok" secara keseluruhan. Data berikut dapat sebagai contoh :
  • Latar belakang pendidikan
  • Sekolah atau kursus yang pernah diikuti
  • Pemahaman tentang pelajaran yang diajarkan
  • Pengalaman kerja
  • Posisi yang pernah dijabat (pengalaman organisasi)
  • Ketrampilan
  • Hoby, bakat keluarga
  • Prestasi yang pernah dicapai
     5. Minta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan resume mereka dan catat keseluruhan
         potensi yang dimiliki oleh keseluruhan kelompok.

Catatan :

  1. Untuk memperlancara proses, bagikan garis-garis besar yang dapat diisi oleh masing-masing kelompok. 
  2. Dari masing-masing anggota menuliskan resume sendiri-sendiri, dapat juga salah seorang melakukan interview kepada teman-teman satu kelompok.
  3. Apabila diperlukan setelah selesai mempresentasikan resume, dapat dilakukan pergantian kelompok dengan mempertimbangkan kesamaan datanya.
Selamat mencoba .....

Related Posts:

  • BENAR SALAH BERANTAI Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk mendorong kerjasama kelompok dalam belajar, dan memungkinkan siswa dapat belajar dengan cepat untuk materi yang banyak. adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut : … Read More
  • INSTANT ASSESSMENT (Penilaian Instan) Untuk mengetahui latar belakang siswa, pengalaman, sikap, perhatian serta harapannya, kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut serta langkah-langkahnya : Buatlah potongan-potongan kertas, masing-masing ditulis… Read More
  • Inquiring Minds Want to Know Untuk membangkitkan keingintahuan siswa , guru dapat menggunakan pola pembelajaran berikut ini, ialah dengan meminta mereka untuk membuat perkiraan-perkiraan tentang sesuatu topic atau suatu pertanyyan. Adapun langkah-la… Read More
  • ACTIVE KNOWLEDGE SHARING Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk melihat tingkat kemampuan siswa yang kemudian diharapkan mampu membawa siswa untuk siap belajar dengan cepat disamping untuk membentu kerja sama team yang baik. Adapun… Read More
  • TRUE OR FALSE Dalam pola pembelajaran ini kita dapat mengajak siswa untuk terlibat ke dalam materi pelajaran dengan segera : Buatlah pernyataan-pernyataan yang berhubungan materi pelajaran., separuhnya adalah adalah benar dan separu… Read More

0 komentar:

Posting Komentar