Kamis, 30 Agustus 2012

Reading Guide (SAL Bagian 4)

Tipe SAL yang ke-4 ini ditujukan untuk pembelajaran yang terdiri dari banyak materi yang tidak sapat diselesaikan di dalam kelas dan harus diselesaikan di luar kelas, metode ini dapat diaplikasikan pada bidang study terutama ilmu-ilmu sosial.
Adapaun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan bacaan yang akan dipelajari
  2. Buat pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa atau kisi-kisinya, boleh juga dibuat bagan atau skema yang dapat diisi oleh mereka dari bahan bacaan yang telah dipelajari.
  3. Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan kepada siswa
  4. Tugas siswa adalah mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada. Batasi aktivitas ini sehingga tidak akan memakan waktu yang lama.
  5. Bahas pertanyaan atau kisi-kisi itu dengan menanyakan jawaban kepada siswa.
  6. Di akhir pelajaran berikan ulasan secukupnya.

Selamat mencoba....

Tulisan lain :


-->

Related Posts:

  • GUIDED NOTE TAKING Agar siswa aktif membuat catatan ketika guru menyampaikan materi, barangkali kita bisa mencoba satu pola pembelajaran berikut ini : Beri siswa panduan yang berisi ringkasan poin-poin utama dari materi pelajaran yang a… Read More
  • Inquiring Minds Want to Know Untuk membangkitkan keingintahuan siswa , guru dapat menggunakan pola pembelajaran berikut ini, ialah dengan meminta mereka untuk membuat perkiraan-perkiraan tentang sesuatu topic atau suatu pertanyyan. Adapun langkah-la… Read More
  • BENAR SALAH BERANTAI Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk mendorong kerjasama kelompok dalam belajar, dan memungkinkan siswa dapat belajar dengan cepat untuk materi yang banyak. adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut : … Read More
  • LISTENING TEAMS Pola pembelajaran kali ini ditujukan untuk membantu siswa agar tetap konsentrasi dan fokus dalam pelajaran yang menggunakan metode ceramah. Adapaun langkah-langkahnya adalah : Bagilah siswa menjadi 4 kelompok, masing-ma… Read More
  • ACTIVE KNOWLEDGE SHARING Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk melihat tingkat kemampuan siswa yang kemudian diharapkan mampu membawa siswa untuk siap belajar dengan cepat disamping untuk membentu kerja sama team yang baik. Adapun… Read More

0 komentar:

Posting Komentar