Rabu, 22 Januari 2014

BENAR SALAH BERANTAI


Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk mendorong kerjasama kelompok dalam belajar, dan memungkinkan siswa dapat belajar dengan cepat untuk materi yang banyak. adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Tentukan topic yang akan dipelajari, dan tentukan juga bahan bacaannya.
  2. Buatlah beberapa pernyataan yang mengandung unsur benar atau salah.
  3. Pernyataa-pernyataan tadi dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok ditulis dalam selembar kertas. Setiap kertas diberi tanda A, B, C dst. Dengan demikian jika kertas A berisi 3 pernyataan maka kertas B, C dst., akan memiliki 3 pernyataan pila.
  4. Bagilah sisa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah kertas yang dibuat. Usahakan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 orang. Jangan terlalu banyak agar setiap orang dapat memberi kontribusi secara aktif.
  5. Setiap kelompok diberi kertas yang telah berisi pernyataan. Dengan ini akan difapatkan : kelompok 1 memegang kertas A, kelompok 2 memegang kera B dst.
  6. Tugas setiap kelompok adalah menuliskan pernyataan-pernyataan yang mereka miliki kemudian menentukan apakah pernyataan-pernyataab tersebut benar atau salah.Catatan : kertas tidak boleh ditulisi atau diberi tanda apapun.
  7. Setelah semua kelompok selesai melakukan tugas, kertas diputar untuk diberikan kepada kelompok di sampingnya. Dengan ini kelompok 2 akan mendapatkan kertas baru ialah kertas A, demikian juga kelompok 3 menerima kertas B, kelompok 4 menerima kertas C dst., sementara kelompok 1 akan menerima kertas dari kelompok terakhir.
  8. Setelah masing-masing kelompok menerima kertas yang baru, maka ulangilah seperti langkah no. 6.
  9. Setelah selesai, ulangi langkah no. 7 dan langkah no. 8, begtu seterusnya samapi semua kelompok mendapatkan semua kertas.
  10. Guru melakukan klarifikasi dengan membaca pernyataan-pernyataan yang ada. Stiap kelompok ditanya jawaban mereka dan dibandingkan dengan jawaban kelompok yang lain.
  11. Lakukan sampai selesai atau sesuai dengan waktu dan kondisi yang memungkinkan.
Selamat mencoba ....

0 komentar:

Posting Komentar