Kamis, 16 Januari 2014

QUESTIONS STUDENT HAVE (Pertanyaan dari Siswa)


Jika kita ingin mengetahui harapan dan kebutuhan siswa/mahasiswa, maka kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut ini :

  1. Bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada siswa/mahasiswa.
  2. Minta pada setiap siswa/mahasiswa untuk menuliskan 1 (satu) pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan materi ajar. (tidak perlu menuliskan nama)
  3. Setelah semua selesai membuat pertanyaan, masing-masing diminta untuk mengumpulkan kembali kertas yang telah berisi pertanyaan kepada teman disamping kirinya. Dalam hal ini jika posisi duduk siswa saling melingkar, sehingga nantinya akan terjadi gerakan yang melingkar searah jarum jam. Jika posisi duduk berderet sesuaikan dengan posisi duduk mereka asalkan semua siswa dapat giliran untuk dapat membaca semua pertanyaan dari seluruh teman meraka.
  4. Pada saat menerima kertas dari teman di sampingnya, siswa diminta untuk membaca pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan itu juga ingin mereka ketahui jawabannya, maka dia harus memberikan tanda centang, jika tidak ingin diketahui atau tidak menarik berikan langsung kepada teman di samping kiri, dan begitu seterusnya sampai semua soal kembali kepada pemilkinya.
  5. Ketika kertas pertanyaan itu kembali kepada pemiliknya, siswa diminta untuk menghitung tanda centang yang ada pada kertasnya. Pada saat ini carilah pertanyaan yang mendapat tanda centang paling banyak.
  6. Beri respon kepada pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan a). jawaban langsung secara singkat, b). menunda jawaban sampai pada waktu yang tepat atau membahas topic tersebut, c). menjelaskan bahwa mata pelajaran ini tidak akan sampai membahas pertanyaan tersebut, sedangkan jawaban yang sifatnya pribadi dapat diberikan di luar kelas.
  7. Jika waktu cukup, minta beberapa orang siswa untuk membacakan pertanyaan yag dia tulismeskipun tidak mendapat tanda centang yang banyak kemudian berikan jawaban.
  8. Kumpulkan semua kertas. Besar kemugkinan ada perttanyaan-pertanyaan yang akan anda jawab pada pertemuan berikutnya.

Akhirnya......SELAMAT MENCOBA..... :-)

0 komentar:

Posting Komentar