Untuk mengetahui latar belakang siswa, pengalaman, sikap, perhatian serta harapannya, kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut serta langkah-langkahnya :
- Buatlah potongan-potongan kertas, masing-masing ditulis huruf A, B, atau C untuk menjawab pertanyaan pilihan gand. Atau kertas dengan tulisan huruf B atau S untuk menjawab soal Benas-Salah,atau juga kertas dengan tulisan angka 1, 2, 3, 4 atau 5 untuk pertanyaan jawaban rangking, seperti skala likert. (Jika terlalu banyak siswa, kertas dan angka dapat dibuat sendiri oleh mereka).
- Tulislah pertanyaan yang pasti dapat dijawab siswa dengan menujukkan kartu (kertas yang telah disiapkan sebelumnya) yang ada pada mereka. Di bawah ini contoh pertanyaan dari ketiga tipe pertanyaan di atas.
- Saya mengambil mata pelajaran/kuliah ini karena ... .
a. ini mata pelajaran/kuliah wajib
b. saya sangat menyukai mata pelajaran ini
c. saya mengira ini mata pelajaran yang mudah
- Mata pelajaran ini sangat sulit bagai saya . ( B - S )
- Mata pelajaran ini akan sangat bermanfaat bagi saya kemudian hari
1 2 3 4 5
sangat sangat
tidak setuju
setuju
3. Bacalah pertanyaan yang telah anda buat dan minta untuk menjawab dengan mengangkat kertas.
4. Dengan cepat hitunglah jawaban mereka. Mintalah beberapa siswa untuk menyampaikan alasan dari
3. Bacalah pertanyaan yang telah anda buat dan minta untuk menjawab dengan mengangkat kertas.
4. Dengan cepat hitunglah jawaban mereka. Mintalah beberapa siswa untuk menyampaikan alasan dari
jawaban mereka.
5. Lanjutkan prosedur ini sampai waktu yang dikehendaki.
5. Lanjutkan prosedur ini sampai waktu yang dikehendaki.
0 komentar:
Posting Komentar