Jumat, 17 Januari 2014

INSTANT ASSESSMENT (Penilaian Instan)


Untuk mengetahui latar belakang siswa, pengalaman, sikap, perhatian serta harapannya, kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut serta langkah-langkahnya :

  1. Buatlah potongan-potongan kertas, masing-masing ditulis huruf A, B, atau C untuk menjawab pertanyaan pilihan gand. Atau kertas dengan tulisan huruf B atau S untuk menjawab soal Benas-Salah,atau juga kertas dengan tulisan angka 1, 2, 3, 4 atau 5 untuk pertanyaan jawaban rangking, seperti skala likert. (Jika terlalu banyak siswa, kertas dan angka dapat dibuat sendiri oleh mereka).
  2. Tulislah pertanyaan yang pasti dapat dijawab siswa dengan menujukkan kartu (kertas yang telah disiapkan sebelumnya) yang ada pada mereka. Di bawah ini contoh pertanyaan dari ketiga tipe pertanyaan di atas.
  • Saya mengambil mata pelajaran/kuliah ini karena ... . 
          a. ini mata pelajaran/kuliah wajib
          b. saya sangat menyukai mata pelajaran ini
          c. saya mengira ini mata pelajaran yang mudah
  • Mata pelajaran ini sangat sulit bagai saya . ( B - S )
  • Mata pelajaran ini akan sangat bermanfaat bagi saya kemudian hari
          1          2          3          4          5
      sangat                                      sangat
      tidak                                        setuju
      setuju
3. Bacalah pertanyaan yang telah anda buat dan minta untuk menjawab dengan mengangkat kertas.
4. Dengan cepat hitunglah jawaban mereka. Mintalah beberapa siswa untuk menyampaikan alasan dari 
    jawaban mereka.
5. Lanjutkan prosedur ini sampai waktu yang dikehendaki.

Related Posts:

  • READING ALOUD Bagi anda para guru yang ingin membantu siswa dalam berkonsentrasi, berani bertanya serta untuk menggugah diskusi, bisa menggunakan pola yang kami tawarkan berikut ini : Pilihlah satu teks yang cukup menarik untuk di… Read More
  • GUIDED TEACHING Salam sejahtera..... Terasa selaksa masa, penulis tidak menyapa para pemerhati dunia pendidikan melalui tulisan-tulisan sederhana di situs ini...Semoga senantiasa terjaga semangat mencerdaskan anak bangsa dari bapak/i… Read More
  • POINT-COUNTERPOINT Kali ini kami tawarkan satu pola pembelajaran yang ditujukan untuk melibatkan siswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : Pilihlah isu-isu yang m… Read More
  • Active Debate Apa kabar ? semoga anda semua senantiasa sejatera.... Kali ini kami hadir dengan pola pendekatan baru ialah yang kami sebut "Active Debate". Pola pendekatan ini dapat mendorong pemikiran dan perenungan terutama kala s… Read More
  • Produk Pelatihan Kurikulum 2013 Kota Semarang (Kelas 7 A) !-- google_ad_client = "ca-pub-2759681071456540"; /* foto */ google_ad_slot = "1211386507"; google_ad_width = 300; google_ad_height = 250; //-- … Read More

0 komentar:

Posting Komentar