Rabu, 08 Juni 2011

CRITICAL INCIDENT....(Bagian 1)



Tipe SAL yang pertama ini ditujukan untuk melibatkan siswa sejak awal dengan melihat pengalaman siswa. Langkah-langkah yang dapat diambil adalah sebagai berikut :

a. Sampaikan pada siswa topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini
b. Beri kesempatan beberapa saat untuk siswa mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada.
c. Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan .
d. Sampaikan materi pelajaran dengan mengaitkan pengalaman siswa ini dengan materi yang akan disampaikan.
Strategi ini dapat digunakan dengan maksimal pada mata pelajaran yang bersifat praktis. Sebagai contoh adalah dalam mata pelajaran Matematika dengan topik tentang Bangun Datar. Di sini pengajar dapat bertanya kepada siswa :
"Dari pengalaman belajar apa yang kalian ketahui tentang Bangun Datar ?"
Dari jawaban-jawaban yang muncul guru bisa memulai KBM dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman mereka dengan topik yang diajarkan.

Kalau kita perhatikan, pola pendekatan "CRITICAL INCIDENT " sangatlah sederhana, hanya membutuhkan sedikit kesabaran kita untuk "memberi ruang" kepada siswa dengan mendengarkan materi awal apa yang telah dipunyai oleh mereka, mudah bukan...... selamat mencoba dan tunggu Tipe SAL berikutnya....

Tulisan Lain....


Related Posts:

  • Group Resume (SAL Bagian 5) Kali ini, metode yang kami sajikan ditujukan untuk membantu sisa menjadi lebih akrab juga untuk melakukan Team Building yang anggotanya sudah saling mengenal sebelumnya. Metode ini dapat diaplikasikan hampir pada semua bid… Read More
  • TRUE OR FALSE Dalam pola pembelajaran ini kita dapat mengajak siswa untuk terlibat ke dalam materi pelajaran dengan segera : Buatlah pernyataan-pernyataan yang berhubungan materi pelajaran., separuhnya adalah adalah benar dan separu… Read More
  • QUESTIONS STUDENT HAVE (Pertanyaan dari Siswa) Jika kita ingin mengetahui harapan dan kebutuhan siswa/mahasiswa, maka kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut ini : Bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada siswa/mahasiswa. Minta pada seti… Read More
  • INSTANT ASSESSMENT (Penilaian Instan) Untuk mengetahui latar belakang siswa, pengalaman, sikap, perhatian serta harapannya, kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut serta langkah-langkahnya : Buatlah potongan-potongan kertas, masing-masing ditulis… Read More
  • BENAR SALAH BERANTAI Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk mendorong kerjasama kelompok dalam belajar, dan memungkinkan siswa dapat belajar dengan cepat untuk materi yang banyak. adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut : … Read More

0 komentar:

Posting Komentar