Rabu, 08 Juni 2011

CRITICAL INCIDENT....(Bagian 1)



Tipe SAL yang pertama ini ditujukan untuk melibatkan siswa sejak awal dengan melihat pengalaman siswa. Langkah-langkah yang dapat diambil adalah sebagai berikut :

a. Sampaikan pada siswa topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini
b. Beri kesempatan beberapa saat untuk siswa mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada.
c. Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan .
d. Sampaikan materi pelajaran dengan mengaitkan pengalaman siswa ini dengan materi yang akan disampaikan.
Strategi ini dapat digunakan dengan maksimal pada mata pelajaran yang bersifat praktis. Sebagai contoh adalah dalam mata pelajaran Matematika dengan topik tentang Bangun Datar. Di sini pengajar dapat bertanya kepada siswa :
"Dari pengalaman belajar apa yang kalian ketahui tentang Bangun Datar ?"
Dari jawaban-jawaban yang muncul guru bisa memulai KBM dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman mereka dengan topik yang diajarkan.

Kalau kita perhatikan, pola pendekatan "CRITICAL INCIDENT " sangatlah sederhana, hanya membutuhkan sedikit kesabaran kita untuk "memberi ruang" kepada siswa dengan mendengarkan materi awal apa yang telah dipunyai oleh mereka, mudah bukan...... selamat mencoba dan tunggu Tipe SAL berikutnya....

Tulisan Lain....


0 komentar:

Posting Komentar