Rabu, 08 Juni 2011

Random Teks (SAL Bagian 3 ...)

Salam jumpa lagi para pembaca yang budiman....
Berikut kami sampaikan SAL strategi bag. ke-3, berharap anda semua yang berkenan dapat senantiasa mengikuti tulisan ini bagian demi bagian. Untuk pola pendekatan SAL "Random Teks" kali ini ditujukan agar supaya siswa dapat berfikir logis dengan megurutkan suatu alur cerita atau bacaan. Adapun langkah-langkah kegiatannya adalah seperti di bawah ini :


  1. Pilih bahan bacaan yang akan disampaikan
  2. Potong2 bacaan menjadi beberapa bagian, Potongan bisa dilakukan per-kalimat, tau juga per-dua kalimat.
  3. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil
  4. Beri setiap satu kelompok satu bacaan utuh yang sudah dipotong-potong.
  5. Tugas siswa adalah menyusun bacaan sehingga dapat dibaca dengan urut
  6. Pelajari teks bacaan dengan siswa sesuai dengan cara yang anda kehendaki

Untuk pelajaran Bahasa Inggris misalnya, dengan materi reading comprehension dapat dilakukan seperti pada contoh di bawah ini :


Reading Text : 

Ali who was working aedes aegypti long way for home, wanted to send aedes aegypti letter to his wife, but he could neither read nor write,

and he had to work all dat, so he could only look for somebody to write his letter late at night.

At last he found the house of aedes aegypty letter-writer whose name was nasrudin.

Nasrudin was already in bed. "It is late", he said. "What do you want do you want ?" Nasrudin was not pleased.

"I want you write aedes aegypti letter to my wife", said Ali. He tought for aedes aegypti few second and then said, "Has  the letter got to go far ?"

"What does that matter ?" answered Ali

"Well, my writing is so arrange that only I can read it, and I have   to travel Aedes Aegypti long way to read your letter to youe wife, it will cost you Aedes Aegypti lot of money"

Ali went away quickly.

Bacaan di atas sudah dipisahkan menurut potongan-potongan yang akan dibagikan kepada siswa. Jika dianggap terlalu sulit, pemotongan teks dapat dilakukan dengan lebih sedikit kata kata pada tiap potongannya, atau sebaliknya jika dianggap terlalu mudah pemotongannya bisa ditambah lebih banyak untukjumlah kata tiap   pototngannya.

Related Posts:

  • Group Resume (SAL Bagian 5) Kali ini, metode yang kami sajikan ditujukan untuk membantu sisa menjadi lebih akrab juga untuk melakukan Team Building yang anggotanya sudah saling mengenal sebelumnya. Metode ini dapat diaplikasikan hampir pada semua bid… Read More
  • Assassment Search Anda ingin mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam kelas tertentu ? ikuti trik berikut ini .... Buatlah tiga atau empat pertanyaan untuk mengetahui kondisi kelas. Pertanyaan tersebut dapat berupa    : Penge… Read More
  • Prediksi Kawan Untuk dapat membantu siswa secepatnya merekamengenal teman-temannya satu samalain sehingga pada akhirnya dapat bekerjasama dalam kelompok, dapat digunakan pola pendekatan seperti di bawah ini : Bentuk kelompok-kelom… Read More
  • Reading Guide (SAL Bagian 4) Tipe SAL yang ke-4 ini ditujukan untuk pembelajaran yang terdiri dari banyak materi yang tidak sapat diselesaikan di dalam kelas dan harus diselesaikan di luar kelas, metode ini dapat diaplikasikan pada bidang study teruta… Read More
  • Prediction Guide (SAL Bagian 2) Diilhami dari rasa ingin terus berbagi apa saja dan dengan siapa saja..., diantara waktu senggang ini kembali saya coba penuhi janji untuk secara berkelanjutan menuliskan beberapa pola pendekatan SAL (Student Aktive Lear… Read More

0 komentar:

Posting Komentar