Jumat, 20 Desember 2019
Home »
» Teori Belajar Van Hiele
Teori Belajar Van Hiele
23.44
No comments
Pada tahap analisis siswa sudah mulai mengenal sifat- sifat
yang dimiliki bangun Geometri yang diamati. Misalnya siswa telah mengenal
sifat-sifat persegipanjang bahwa dua sisi yang berhadapan sejajar dan sama
panjang. Namun, pada tahap ini siswa belum mampu mengetahui hubungan antara
konsep- konsep. Misalnya, apakah persegipanjang itu jajarangenjang, apakah
jajarangenjang itu bujursangkar atau bujursangkar (persegi) itu adalah persegipanjang?
Pada tahap ke tiga ini, siswa sudah mengenal dan memahami
sifat-sifat satu bangun Geometri serta sudah dapat mengurutkan bangun-bangun
Geometri yang satu dengan lainnya saling berhubungan. Misalnya ia telah
mengenal bahwa bujursangkar itu adalah jajarangenjang, bahwa jajarangenjang
adalah trapesium, bahwa kubus adalah balok. Walaupun kegiatan pada tahap ini
berpikir secara deduktifnya belum berkembang tetapi baru mulai. Pada tabap ini
sudah mengenal bahwa ke dua diagonal persegipanjang adalah sama panjangnya,
tetapi mungkin ia belum mampu menjelaskannya.
Pada tahap ini, siswa telah mampu menarik kesimpulan secara
deduktif, yaitu menarik kesimpulan yang bersifat umum dan menuju ke hal-hal
yang bersifat khusus. Siswa sudah mulai memahami perlunya mengambil kesimpulan
secara deduktif. Pada tahap ini siswa sudah memahami pentingnya unsur-unsur
yang tidak didefinisikan, aksioma atau postulat, dan dalil atau teorema, tetapi
ia belum bisa mengerti mengapa sesuatu itu dijadikan postulat atau dijadikan dalil.
Pada tahap kelima ini siswa sudah mulai menyadari pentingnya
ketepatan prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian. Misalnya ia
mengetahui pentingnya aksioma- aksioma atau postulat-postulat dari geometri
Euclid. Tahap berpikir ini merupakan tahap berpikir yang paling tinggi, rumit
dan kompleks, karena itu tahap akurasi (rigor)
ini di luar jangkauan usia anak-anak SD sampai tingkat SMP.
a.
Perlu adanya kombinasi yang baik
antara waktu, materi, dan metode yang digunakan pada tahap tertentu untuk dapat
meningkatkan kemampuan berpikir siswa ke tahap yang lebih tinggi.
Related Posts:
QUESTIONS STUDENT HAVE (Pertanyaan dari Siswa) Jika kita ingin mengetahui harapan dan kebutuhan siswa/mahasiswa, maka kita dapat menggunakan pola pendekatan berikut ini : Bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada siswa/mahasiswa. Minta pada seti… Read More
Prediksi Kawan Untuk dapat membantu siswa secepatnya merekamengenal teman-temannya satu samalain sehingga pada akhirnya dapat bekerjasama dalam kelompok, dapat digunakan pola pendekatan seperti di bawah ini : Bentuk kelompok-kelom… Read More
Reading Guide (SAL Bagian 4) Tipe SAL yang ke-4 ini ditujukan untuk pembelajaran yang terdiri dari banyak materi yang tidak sapat diselesaikan di dalam kelas dan harus diselesaikan di luar kelas, metode ini dapat diaplikasikan pada bidang study teruta… Read More
Assassment Search Anda ingin mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam kelas tertentu ? ikuti trik berikut ini .... Buatlah tiga atau empat pertanyaan untuk mengetahui kondisi kelas. Pertanyaan tersebut dapat berupa : Penge… Read More
Group Resume (SAL Bagian 5) Kali ini, metode yang kami sajikan ditujukan untuk membantu sisa menjadi lebih akrab juga untuk melakukan Team Building yang anggotanya sudah saling mengenal sebelumnya. Metode ini dapat diaplikasikan hampir pada semua bid… Read More
0 komentar:
Posting Komentar