Jumat, 20 Desember 2019
Home »
» Teori Belajar Van Hiele
Teori Belajar Van Hiele
23.44
No comments
Pada tahap analisis siswa sudah mulai mengenal sifat- sifat
yang dimiliki bangun Geometri yang diamati. Misalnya siswa telah mengenal
sifat-sifat persegipanjang bahwa dua sisi yang berhadapan sejajar dan sama
panjang. Namun, pada tahap ini siswa belum mampu mengetahui hubungan antara
konsep- konsep. Misalnya, apakah persegipanjang itu jajarangenjang, apakah
jajarangenjang itu bujursangkar atau bujursangkar (persegi) itu adalah persegipanjang?
Pada tahap ke tiga ini, siswa sudah mengenal dan memahami
sifat-sifat satu bangun Geometri serta sudah dapat mengurutkan bangun-bangun
Geometri yang satu dengan lainnya saling berhubungan. Misalnya ia telah
mengenal bahwa bujursangkar itu adalah jajarangenjang, bahwa jajarangenjang
adalah trapesium, bahwa kubus adalah balok. Walaupun kegiatan pada tahap ini
berpikir secara deduktifnya belum berkembang tetapi baru mulai. Pada tabap ini
sudah mengenal bahwa ke dua diagonal persegipanjang adalah sama panjangnya,
tetapi mungkin ia belum mampu menjelaskannya.
Pada tahap ini, siswa telah mampu menarik kesimpulan secara
deduktif, yaitu menarik kesimpulan yang bersifat umum dan menuju ke hal-hal
yang bersifat khusus. Siswa sudah mulai memahami perlunya mengambil kesimpulan
secara deduktif. Pada tahap ini siswa sudah memahami pentingnya unsur-unsur
yang tidak didefinisikan, aksioma atau postulat, dan dalil atau teorema, tetapi
ia belum bisa mengerti mengapa sesuatu itu dijadikan postulat atau dijadikan dalil.
Pada tahap kelima ini siswa sudah mulai menyadari pentingnya
ketepatan prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian. Misalnya ia
mengetahui pentingnya aksioma- aksioma atau postulat-postulat dari geometri
Euclid. Tahap berpikir ini merupakan tahap berpikir yang paling tinggi, rumit
dan kompleks, karena itu tahap akurasi (rigor)
ini di luar jangkauan usia anak-anak SD sampai tingkat SMP.
a.
Perlu adanya kombinasi yang baik
antara waktu, materi, dan metode yang digunakan pada tahap tertentu untuk dapat
meningkatkan kemampuan berpikir siswa ke tahap yang lebih tinggi.
Related Posts:
Place-Based Learning: Using Your Location as a Classroom… Read More
PLANTET QUESTION Pernahkah kita sebagai seorang guru menemui seorang siswa yang tidak pernah bertanya atau bahkan tidak pernah berbicara pada jam pelajaran ? Tidakkah kita ingin membantu mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri den… Read More
LEARNING START WITH A QUESTION Eh.... ini hari guru yach ? duh seneng rasanya banyak teman, sahabat yang memberi selamat n pada nge-doain semoga kami para guru senantiasa "istiqomah" dengan tugas mulia kami. Tapi.... ini peringatan hari guru yang ke-b… Read More
Learning Partners: Co-Teaching With Community Experts… Read More
READING ALOUD Bagi anda para guru yang ingin membantu siswa dalam berkonsentrasi, berani bertanya serta untuk menggugah diskusi, bisa menggunakan pola yang kami tawarkan berikut ini : Pilihlah satu teks yang cukup menarik untuk di… Read More
0 komentar:
Posting Komentar