Rabu, 08 Juni 2011

Prediction Guide (SAL Bagian 2)


Diilhami dari rasa ingin terus berbagi apa saja dan dengan siapa saja..., diantara waktu senggang ini kembali saya coba penuhi janji untuk secara berkelanjutan menuliskan beberapa pola pendekatan SAL (Student Aktive Learning) bag. 2 diseratai satu harap semoga bermanfaat bagi anda para "Guru" yang berkenan.

Seperti tertera pada judul kali ini, Prediction Guide ditujukan untuk melibatkan siswa/ mahasiswa semenjak awal pertemuan dan diharapkan siswa/mahasiswa tetap memeberikan perhatiannya ketika guru/dosen mulai menyampaikan materi.
Prediction Guide adalah satu pola SAL yang memberikan kesempatan bagi siswa/mahasiswa untuk dapat menebak apa saja yang kira-kira akan mereka dapatkan dalam satu sajian materi, adapaun tata urutan langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan topik materi yang akan disajikan.
  2. Bagi siswa/mahasiswa menjadi beberapa kelompok kecil.
  3. Guru/Dosen meminta siswa/mahasiswa untuk dapat menebak apa saja yang kira-kira akan mereka dapatkan dalam sajian materi kali ini dengan bekerja secara berkelompok dalam kelompoknya.
  4. Sajikan materi secara Interaktif.
  5. Selama Proses Pembelajaran, siswa/mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi tebakan mereka yang sesuai dengan materi tersaji.
  6. Di akhir materi, tanyakan berapa banyak tebakan mereka yang benar.

Pola ini dapat diterapkan hampir semua jenis materi yang tidak bersifat aplikatif, seperti ilmu-ilmu eksakta. Kelas akan lebih dinamis jika saat KBM berlangsung diselingi dengan kegiatan kompetisi antar kelompok  terbanyak yang  berhasil menebak dengan benar.

Akhirnya...., Selamat Mencoba...!

Tulisan Lain....

1. SAL ..(bag. 1)
2. SAL ..(bag. 3)
2. SAL ..(bag. 4)


0 komentar:

Posting Komentar