Jumat, 31 Januari 2014

Sinergetic Teaching

Untuk memberi kesempatan pada siswa saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara yang berbeda ialah dengan membandingkan catatan mereka, kita dapat menggunakan datu pola pembelajaran berikut ini :

  1. Bagilah kelas menjadi dua kelompok
  2. Pindahkan kelompok pertama ke kelas lain atau tempat lain yang tidak memungkinkan mereka mendengarkan penyampian materi. Berikan tugas kepada kelompok ini untuk membaca bacaan topic yang akan diajarkan. Pastikan bahwa bacaan itu dapat dipahami dengan baik dan sesuai dengan waktu yang digunakan untuk pembelajaran.
  3. Dalam waktu yang sama sampaikan materi tersebut kepada kelompok kedua dengan strategi ceramah.
  4. Setelah selesai, mintalah siswa untuk berpasangan dengan kawan yang tadi menerima pelajaran dengan cara yang berbeda. Anggots kelompok 1 akan mencari kawan dari kelompok 2.
  5. Keduanya diminta untuk menggabungkan hasil belajar yang mereka peroleh dengan cara yang berbeda tersebut.
  6. Mintalah beberapa orang untuk menyampaikan hasil belajar mereka atau menjawab pertanyaan yang anda sampaikan.
  7. Beri penjelasan untuk setiap jawaban siswa yang belum jelas.
Catatan : 
Anda dapat melakukan improvisasi ialah sebelum memasuki langkah ke-empat, proses yang digambarkan pada langkah kedua dan ketiga dapat dibalik, sehingga kelompok yang tadinya mendengarkan bisa membaca dan yang tadinya membaca bisa mendengar. Akan tetapi menurut catatan, langkah tersebut tidak efektif, karena proses sinergi yang akan ditonjolkan menjadi tidak nampak.

Selamat bergembira..... :-)

0 komentar:

Posting Komentar