Senin, 21 April 2014

GUIDED TEACHING


Salam sejahtera.....

Terasa selaksa masa, penulis tidak menyapa para pemerhati dunia pendidikan melalui tulisan-tulisan sederhana di situs ini...Semoga senantiasa terjaga semangat mencerdaskan anak bangsa dari bapak/ibu guru semuanya, Aamiin.
Kali ini kami usung satu pola pendekatan pembelajaran yang ditujukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa atau untuk memperoleh hipotesa ataupun kesimpulan, kemudian membaginya kepada beberapa kategori.

Adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui fikiran dan kemmapuan yang mereka miliki. Gunakan pertanyaanyang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban.
  • Berikan waktu beberapa menit untuk memberi kesemapatan kepada siswa untuk menjawabnya. Anjurkan kepada mereka untuk bekerja berdua atau dalam kelompok kecil.
  • Minta siswa untuk menyampaikan hasil jawaban mereka dan catat jawaban-jawaban itu. Jika memungkinkan tulis di papan tulis dengan mengelompokkan jawaban mereka dalam kategori-kategori yang nantinya akan anda sampaikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar.
  • Sampaikan poin-poin utama dalam materi anda dengan metode ekspositorik interaktif.
  • Mintalah siswa untuk membandingkan jawaban mereka dengan poin-poin yang telah anda sampaikan. Catat poin-poin yang dapat memperluas bahasan materi anda.
SELAMAT MENCOBA ....!!

Related Posts:

  • GUIDED NOTE TAKING Agar siswa aktif membuat catatan ketika guru menyampaikan materi, barangkali kita bisa mencoba satu pola pembelajaran berikut ini : Beri siswa panduan yang berisi ringkasan poin-poin utama dari materi pelajaran yang a… Read More
  • ACTIVE KNOWLEDGE SHARING Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk melihat tingkat kemampuan siswa yang kemudian diharapkan mampu membawa siswa untuk siap belajar dengan cepat disamping untuk membentu kerja sama team yang baik. Adapun… Read More
  • LISTENING TEAMS Pola pembelajaran kali ini ditujukan untuk membantu siswa agar tetap konsentrasi dan fokus dalam pelajaran yang menggunakan metode ceramah. Adapaun langkah-langkahnya adalah : Bagilah siswa menjadi 4 kelompok, masing-ma… Read More
  • Inquiring Minds Want to Know Untuk membangkitkan keingintahuan siswa , guru dapat menggunakan pola pembelajaran berikut ini, ialah dengan meminta mereka untuk membuat perkiraan-perkiraan tentang sesuatu topic atau suatu pertanyyan. Adapun langkah-la… Read More
  • Sinergetic Teaching Untuk memberi kesempatan pada siswa saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara yang berbeda ialah dengan membandingkan catatan mereka, kita dapat menggunakan datu pola pembelajaran berikut ini : Bagil… Read More

0 komentar:

Posting Komentar