Senin, 24 November 2014

LEARNING START WITH A QUESTION


Eh.... ini hari guru yach ? duh seneng rasanya banyak teman, sahabat yang memberi selamat n pada nge-doain semoga kami para guru senantiasa "istiqomah" dengan tugas mulia kami. Tapi.... ini peringatan hari guru yang ke-berapa yach ? :-) (sungguh satu pertanyaan yang tidak perlu di jawab, kata anak sekarang sih.... nggak penting-penting amat kalee....).


Di atas adalah celotehan "hati" dikala pagi ini, Selasa 25 Nopember 2014 menjadi Trending Topic tersendiri kala kami sesama rekan sejawat saling mengucapkan "SELAMAT HARI GURU...!"

Berkenaan dengan hari guru ini, ijinkan kami tetap "lempeng" dengan niatan kami untuk selalu berbagi kebaikan sekitar  pola-pola pembelajaran berikut.
LEARNING START WITH A QUESTION hadir ditujukan untuk membuat siswa bertanya tentang materi pelajaran sebelum ada penjelasan dari guru. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih bahan bacaan yang sesuai, kemudian bagikan kepada siswa. Dalam hal ini bacaan tidak harus di foto copy, akan tetapi dapat dilakukan dengan memilih satu topik atau bab tertentu dari buku siswa. Usahakan agar bacaan itu memuat informasi umum atau yang tidak terlalu detail, atau bacaan yang memberi peluang untuk ditafsirkan dengan berbeda-beda.
  2. Mintalah siswa untuk mempelajari bacaan secara individu  atau berkelompok.
  3. Mintalah siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak mereka pahami. Anjurkan pula untuk memberi tanda sebanyak mungkin. Jika waktu memungkinkan, gabungkan antar kelompok kemudian minta mereka untuk membahas poin-poin yang tidak diketahui.
  4. Di dalam kelompok kecil mereka, mintalah siswa untuk menuliskan pertanyaan tentang materi yang telah mereka baca.
  5. Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis siswa itu.
  6. Sampaikan materi pelajaran dengan menjawab pertanyaan tersebut .


Demikian pola pembelajaran kali ini.... sekali lagi  SELAMAT HARI GURU.....!!

0 komentar:

Posting Komentar