Kamis, 13 November 2014

POINT-COUNTERPOINT


Kali ini kami tawarkan satu pola pembelajaran yang ditujukan untuk melibatkan siswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Pilihlah isu-isu yang memiliki beberpa perspektif.
  2. Bagilah siswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah perpsektif yang telah anda tentukan.
  3. Minta masing-masing kelompok utuk menyiapkan argumen-argumen sesuai dengan pandangan kelompok yang diwakili. Dalam aktivitas ini pisahlah tempat duduk masing-masing kelompok.
  4. Kumpulkan kembali semua siswa dengan catatan, siswa duduk berdekatan dengan teman-teman satu kelompok.
  5. Mulailah debat dengan mempersilakan kelompok mana saja yang akan memulai.
  6. Setelah salah seorang siswa menyampaikan argumen sesuai dengan pandangan kelompoknya, mintalah tanggapan, bantahan, atau koreksi dari kelompok yang lain perihal isu yang sama.
  7. Lanjutkan proses ini sampai waktu yang memungkikan.
  8. Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggarisbawahi atau mungkin mencari titik temu dari argumen-argumen yang muncul.
Akhirnya....... Selamat Mencoba.

Related Posts:

  • LISTENING TEAMS Pola pembelajaran kali ini ditujukan untuk membantu siswa agar tetap konsentrasi dan fokus dalam pelajaran yang menggunakan metode ceramah. Adapaun langkah-langkahnya adalah : Bagilah siswa menjadi 4 kelompok, masing-ma… Read More
  • TRUE OR FALSE Dalam pola pembelajaran ini kita dapat mengajak siswa untuk terlibat ke dalam materi pelajaran dengan segera : Buatlah pernyataan-pernyataan yang berhubungan materi pelajaran., separuhnya adalah adalah benar dan separu… Read More
  • BENAR SALAH BERANTAI Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk mendorong kerjasama kelompok dalam belajar, dan memungkinkan siswa dapat belajar dengan cepat untuk materi yang banyak. adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut : … Read More
  • ACTIVE KNOWLEDGE SHARING Pola pendekatan pembelajaran kali ini ditujukan untuk melihat tingkat kemampuan siswa yang kemudian diharapkan mampu membawa siswa untuk siap belajar dengan cepat disamping untuk membentu kerja sama team yang baik. Adapun… Read More
  • Inquiring Minds Want to Know Untuk membangkitkan keingintahuan siswa , guru dapat menggunakan pola pembelajaran berikut ini, ialah dengan meminta mereka untuk membuat perkiraan-perkiraan tentang sesuatu topic atau suatu pertanyyan. Adapun langkah-la… Read More

0 komentar:

Posting Komentar